Jet Tempur Iran Jatuh di Puncak Gunung Api saat Hari Natal



Jet Tempur Iran Jatuh di Puncak Gunung Api saat Hari Natal

Jet Tempur Iran Jatuh di Puncak Gunung Api saat Hari Natal

Jakarta, Sebuah jet tempur Iran dilaporkan jatuh di puncak Gunung Sabalan yang terletak di Ponsel Ardabil, barat laut negara Timur Tengah itu pada Rabu (25/12).

Kantor berita Iran, IRNA, melaporkan jet tempur jenis Mig-29 itu jatuh sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat saat melakukan penerbangan uji coba perdana usai dirombak.

Rekaman vidoe amatir yang tersebar di media sosial memperlihatkan asap membumbung tinggi di atas puncang Gunung Sabalan yang tertutup salju.

Sementara itu, kantor berita Fars menuturkan pihak berwenang berhasil menemukan kerangka pesawat, namun jejak sang pilot belum ditemukan.

Pihak berwenang menuturkan sang pilot mungkin saja sudah terlontar keluar sebelum pesawat jatuh.

Hingga kini, operasi pencarian dan penyelamatan sang pilot masih berlangsung.

"Menyusul jatuhnya pesawat militer di Ardabil, helikopter tim penyelamat telah dikirim ke wilaah itu," kata organisasi palang merah Iran, Red Crescent, melalui pernyataannya di situs resmi seperti dikutip AFP pada Kamis (26/12).

Situs resmi angkatan bersenjata Iran, Garda Revolusi Iran juga menuturkan telah mengerahkan pasukan untuk melakukan pencarian. Proses penyelamatan tersebut, menurut Teheran, terhambat oleh cuaca buruk di sekitar gunung. Sejumlah daerah juga tak bisa dilewati kendaraan lantaran bersalju tebal.

Gunung Sabalan merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif di dataran rendah Kaukasus. Puncak Sabalan merupakan yang tertinggi ketiga di Iran dan memiliki fitur kawah yang berubah menjadi danau pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.


Share:

No comments:

Post a Comment

Link Banner

Popular Posts

Labels

Blog Archive

Recent Posts