Disnaker DKI: 220 Perusahaan Lakukan Kerja dari Rumah

Image result for Disnaker DKI: 220 Perusahaan Lakukan Kerja dari Rumah

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, saat ini sudah ada 220 perusahaan di Jakarta telah menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH). WFH kata dia, guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Pemprov DKI Jakarta mengimbau agar perusahaan melakukan WFH. Hal tersebut tertuang pada Surat Edaran Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Nomor 14/SE/2020 tentang Imbauan Bekerja di Rumah (WFH). Jadi ada 220 perusahaan dengan tenaga kerja sebanyak 21.589 orang yang telah melaporkan, kata Andri saat dikonfirmasi, Rabu (18/3/2020).

Sejumlah perusahaan yang telah menerapkan kerja dari rumah yakni Coca Cola Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Kementerian Pertahanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian BUMN, dan Bank Indonesia. Kemudian ada pula Unilever, Kantor Pusat Gojek, Kantor Grab Indonesia, Tokopedia, Ruangguru, Kantor Pusat PT Astra, PT Johnson & Johnson Indonesia, PT BMW Indonesia (Jakarta), PT HM Sampoerna Tbk, dan Danone Indonesia. Kemungkinan besok akan bertambah (jumlah perusahaan yang lapor ke Disnaker), ucapnya.

3 Kategori

Sementara itu, dalam surat edaran imbauan kerja dari rumah di Pemprov DKI dikelompokkan dalam tiga kategori, yakni:

1. Perusahaan untuk sementara waktu dapat menghentikan seluruh kegiatan usahanya.

2. Perusahaan untuk sementara waktu dapat mengurangi sebagian kegiatan usahanya (sebagian karyawan, waktu, dan fasilitas operasional)

3. Perusahaan yang tidak dapat menghentikan kegiatan usahanya, mengingat kepentingan langsung yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan, kebutuhan bahan bahan pokok, dan BBM.

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Banner

Popular Posts

Labels

Blog Archive

Recent Posts