Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Indonesia Perlu Belajar dari China

Image result for Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Indonesia Perlu Belajar dari China

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nur Hidayati mengatakan pemerintah Indonesia harus belajar dari negara China yang terlalu memfokuskan pada pertumbuhan ekonomi semata. Kita lihat dampak pertumbuhan ekonomi yang tinggi sudah China contohkan, berdampak pada tingkat pencemaran polusi yang tinggi, tegas dia seusai mengisi acara di salah satu radio di The Maj Senayan, Jakarta, Sabtu, (22/2). Dia mengingatkan bahwa jangan terlena dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Sebab ada kerugian besar yang luput dari perhatian, yaitu kerusakan lingkungan.

Ekonomi China sempat tumbuh double digit, menyebabkan tingkat polusi udara yang tinggi, ungkap dia. Untuk menekan angka polusi udara, pemerintah China berani menekan laju pertumbuhan ekonomi dengan memperketat pemberian izin usaha, bahkan berani menutup industri yang terbukti tidak ramah lingkungan. Kemudian Xi Jinping membuat kebijakan menurunkan growth ekonominya, dengan aturan lingkungan yang ketat dengan menutup industri kotor, tegas dia. Kebijakan lainnya yang dilakukan pemerintah China, ialah memindahkan perusahaan yang tidak ramah lingkungan ke luar negaranya, termasuk Indonesia.

Industri kotor dibawah ke indonesia, seperti semen yang membawa banyak polusi, di China udah ga di bangun semen lagi, pungkas dia. Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nur Hidayati mengatakan pemerintah harus melakukan reforma agraria secepatnya. Sebenernya kebijakan pemerintah untuk melakukan reforma agraria, itu harus, tegas dia di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (22/2). Untuk menyukseskan program reforma agraria. Dia mendorong pemerintah agar memberikan kebijakan yang dapat memberdayakan masyarakat di daerah.

Seperti redistribusti tanah, redistribusi sumber daya, diberikan kepada kelompok- masyarakat, papar dia. Jika kebijakan ini dapat diterapkan dengan baik. Berdampak pada meningkatnya produktivitas ekonomi masyarakat dan dapat menciptakan laapngan kerja baru. Masyarakat memudian akan berproduksi dan menciptakan lapangan kerja sendiri, imbuh dia. Selain itu, melalui reforma agraria dapat merubah skema penguasaan tanah di banyak daerah yang selama ini dikuasai oleh lemilil modal semata. Karna selama ini kan kosentrasi penguasaan tanah ada di segelintir pengusaha, tutup dia.

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Banner

Popular Posts

Labels

Blog Archive

Recent Posts