Selvi Ananda Melahirkan Anak Perempuan, Ini Faktor Wanita Melahirkan Caesar



Image result for Selvi Ananda Melahirkan Anak Perempuan, Ini Faktor Wanita Melahirkan Caesar

Jakarta Istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, sudah melahirkan anak kedua pada Jumat, 15 November 2019. Adik Jan Ethes ini lahir pukul 15.46 lewat operasi caesar. Alhamdulilah anak kami yang kedua sudah lahir, prosesnya berjalan lancar dengan jenis kelamin perempuan, kata Gibran usai persalinan istrinya di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Menurut keterangan salah satu tenaga kesehatan yang membantu persalinan yakni dokter Soffin Arfian, ada hal-hal yang membuat Selvi Ananda melahirkan secara sesar. Atas indikasi kuat operasi sesar. Alhamdulilah keduanya sehat. Proses operasi dilakukan sekitar satu jam, kata Soffin mengutip Antara.

Beragam Alasan Ibu Mesti Jalani Operasi Caesar

Ada banyak faktor yang membuat dokter memutuskan seorang ibu menjalani persalinan secara caesar seperti Selvi Ananda. Mengutip Klik Dokter, ini indikasi untuk melakukan operasi sesar antara lain:

Panggul Sempit

Jalan lahir yang normal merupakan salah satu bagian terpenting dalam persalinan normal, jika panggul ibu ternyata sempit, tentu bayi tidak akan bisa lewat. Bagi wanita dengan pinggul sempit, operasi caesar jadi alternatif melahirkan.

Bayi Terlalu Besar

Berat bayi normal 2500-4000 gram, lebih dari 4 kg, maka kita katakan bayi ini makrosomia atau lebih besar dari ukuran yang seharusnya, dan besar kemungkinan bayi sebesar ini tak bisa dilahirkan secara spontan.

Letak Ari-ari Rendah

Ari-ari adalah sumber nutrisi bayi selama dalam kandungan, ketika ari-ari ini terletak di mulut rahim, maka jalan lahir pun tertutup, penutupan ini bisa seluruhnya atau sebagian. Pada penutupan total, operasi sectio caesaria harus dilakukan.

Lainnya

Sebab lainnya operasi sesar ulangan karena pada persalinan sebelumnya pasien juga di caesar, pasien dengan pre-eklampsia berat atau eklampsia dan masih banyak lagi alasan lainnya operasi caesar harus dilakukan.

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Banner

Popular Posts

Labels

Blog Archive

Recent Posts