Benarkah Mengisap Bekas Gigitan Ular Mampu Mengeluarkan Racun

Mengisap Luka Bekas Gigitan Ular Bisa Hilangkan Racun di Tubuh ...

Ada sejumlah film yang menunjukkan adegan seseorang digigit ular. Lalu, datang tokoh lain yang dianggap memiliki kemampuan khusus untuk menyelamatkannya. Bukan dengan cara yang biasa dilakukan oleh tim medis. Namun tokoh tersebut datang dengan sebilah pisau. Membelah sedikit bagian kulit pada bagian yang digigit. Lalu ia menyedot luka tersebut dengan maksud mengeluarkan bisa ular yang mampu membunuh korban. Memang terlihat dramatis, tetapi apakah ini benar-benar berfungsi Dikutip dari laman Mentalfloss, Kamis (16/4/2020), menurut Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 5,4 juta orang digigit ular setiap tahun di seluruh dunia, sekitar 81.000 hingga 138.000 di antaranya fatal.

Sayangnya, metode potong dan hisap tidak didiskreditkan dan penelitian membuktikan bahwa cara itu kontraproduktif. Venom menyebar melalui sistem korban dengan begitu cepat, sehingga tidak ada harapan untuk menyedot volume yang cukup untuk membuat penyelamatan. Memotong dan mengisap luka hanya berfungsi untuk meningkatkan risiko infeksi dan dapat menyebabkan kerusakan jaringan lebih lanjut. Saat ini, disarankan untuk tidak menyentuh luka dan mencari bantuan medis segera, sambil berusaha tetap tenang (walau itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan).The Mayo Clinic menyarankan agar korban melepas pakaian ketat apa pun jika mereka mulai membengkak, dan untuk menghindari kafein atau alkohol, yang dapat meningkatkan detak jantung Anda, dan tidak menggunakan obat-obatan atau penghilang rasa sakit.

Petunjuk lain adalah bentuk luka gigitan. Ular berbisa umumnya meninggalkan dua luka tusukan yang dalam, sedangkan varietas yang tidak berbisa cenderung meninggalkan luka berbentuk tapal kuda.
Untuk berada di sisi yang aman, lakukan sedikit riset sebelum Anda pergi ke hutan belantara untuk melihat apakah ada spesies ular yang harus Anda waspadai di area tersebut. Perlu juga dicatat bahwa hingga 25 persen gigitan dari ular berbisa sebenarnya adalah gigitan kering, yang berarti mereka tidak mengandung racun sama sekali. Ini karena ular dapat mengontrol berapa banyak racun yang dilepaskan dengan setiap gigitan, jadi jika Anda terlihat terlalu besar untuk dimakan, mereka mungkin memutuskan untuk tidak membuang-buang muatan berharganya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Banner

Popular Posts

Labels

Blog Archive

Recent Posts