Ketua KPK Sayangkan Insan Koperasi Manfaatkan Situasi Lakukan Korupsi

5 Provinsi Ini Nihil Penambahan Kasus Baru Covid-19
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri mengucapkan selamat Hari Koperasi Nasional ke 73, Minggu (12/7/2020). Firli menceritakan kongres koperasi pertama kali dan terbuka di Tasikmalaya, Jawa Barat dalam keadaan perang mempertahankan kemerdekaan.
Para pejuang Koperasi Nasional sengaja mendirikan Tugu Koperasi sebagai pertanda perlawanan sekaligus mempertegas bahwasanya koperasi terbentuk di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk membantu sekaligus memajukan perekonomian rakyat, bangsa, dan negara, ujar Firli dalam siaran pers, Minggu (12/7/2020).

Hal ini, kata Firli, sesuai dengan tugas pokok KPK, yakni melakukan kegiatan pencegahan supaya tidak terjadi korupsi, melakukan koordinasi dengan instansi kementerian dan lembaga, serta melakukan monitoring atas pelaksanaan program pemerintah.Firli melanjutkan, terkait dengan itu, KPK dalam pengawasan anggaran penanganan Covid-19 telah membentuk 15 satuan tugas pencegahan. Satu Satgas di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di BNPB, 5 Satgas pusat untuk program pemerintah pusat dan 9 Satgas Korwil. Selain membentuk Satgas Pencegahan, KPK membentuk 8 Satgas Penindakan Covid-19.

Dalam kesempatan rapat tadi, KPK juga menyampaikan agar taat asas, pedomani prinsip good goverment and clean governance, akuntabel. Terkait akuntabilitas keuangan, KPK meminta agar Menteri BUMN berkoordinasi dan komunikasi dengan BPK RI. Itu yang dibahas, ungkap Firli.
Firli meneruskan, KPK juga menugaskan dua deputi untuk pengawasan anggaran Covid-19, yaitu Deputi Pencegahan Pahala Nainggolan dan Deputi Penindakan Karyoto.

Hukuman Pidana Mati

Dia menuturkan, KPK berkomitmen melakukan pengawasan anggaran penanganan Covid-19. Jika ada yang berani korupsi dan mengakibatkan kerugian negara, KPK tegas bertindak.Jangan main-main dengan anggaran penanganan bencana karena ancaman hukumannya pidana mati. Kita fokus untuk melakukan pemberantasan korupsi. Kita berharap, mimpi kita mewujudkan Indonesia bebas dari korupsi bisa terwujud. Dream comes true, pungkas Firli.

Share:

No comments:

Post a Comment

Link Banner

Popular Posts

Labels

Blog Archive

Recent Posts