Apa Penyebab Lingkaran Hitam dan Kantong pada Mata?

Image result for mata pandainfo berita - Pernahkah Anda mendengar istilah mata panda atau kantong mata? Ada pula istilah "dark circle" alias lingkaran hitam pada mata. Istilah-istilah ini masing-masing muncul karena penyebab yang berbeda-beda. Mari kenali lebih jauh soal lingkaran hitam, mata panda, dan kantong mata, serta penyebabnya. Dark circle alias lingkar hitam Melansir Self , seorang dokter kulit bersertifikat di Wexter Dematology, Kenneth Howe, MD, mengatakan, daerah bawah mata bisa terlihat ungu dan kebiru-biruan karena kulit di aeera itu sangat tipis dan tembus pandang. Jika diamati, pada area tersebut Anda dapat dengan mudah melihat pembuluh darah di bawahnya. 

Salah satu penyebab timbulnya lingkar hitam pada mata karena kurang tidur. Kurang tidur meningkatkan kongesti vena, penumpukan cairan yang menyebabkan darah terkumpul di pembuluh darah yang dangkal sehingga lingkaran di bawah mata terlihat gelap. Warna kulit juga bisa mendukung terjadinya lingkar hitam pada mata. Mereka yang memiliki warna kulit gelap, menghasilkan pigmen ekstra di sekitar area mata yang bisa menyebabkan penggelapan umum kulit di bawah mata dan kelopak mata. Selain itu, anatomi fitur wajah juga mendukung terjadinya dark circle. Mereka yang memiliki alur air mata yang memanjang dari sudut dalam mata secara diagonal menuju tulang pipi bisa mengakibatkan bayangan dan membuat lingkaran hitam lebih terlihat. Hal tersebut juga diperparah dengan hilangnya lemak yang sering terjadi seiring bertambahnya usia mulai sekitar 25 tahun. Untuk mengatasi lingkar hitam pada mata, obat-obat dengan kandungan retinoid yang diresepkan dokter bisa digunakan. Selain itu, para ahli juga menyebut antioksidan termasuk vitamin A, C, dan E bisa mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Puff eyes atau dikenal dengan mata panda biasanya terjadi karena ada pembengkakan sementara yang bersifat alergi musiman. Bengkak ini juga bisa timbul ketika seseorang mengonsumsi garam atau alkohol yang mengakibatkan dehidrasi hingga akhirnya menyebabkan pembengkakan di wajah. Kurang tidur juga bisa menyebabkan area sekitar mata agak membengkak dan semakin parah karena ada genangan cairan di daerah tersebut. Untuk mengatasi mata panda, ahli merekomendasikan agar tidur dengan baik untuk meminimalkan timbulnya mata bengkak. Mereka juga merekomendasikan minum air yang cukup. 

Kantong mata berbeda dengan lingkaran hitam dan mata panda. Kantong mata terjadi karena ada pembengkakan struktural yang disebabkan herniasi lemak dan adanya kelemahan kulit. Kondisi ini bersifat genetik dan merupakan tanda penuaan yang normal. Kondisi ini bisa muncul paling awal pada usia 20-an atau 30-an. Akan tetapi, tak banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melalui perawatan untuk mengencangkan dan menghaluskan area sekitar mata.
Share:

No comments:

Post a Comment

Link Banner

Popular Posts

Labels

Blog Archive

Recent Posts