info berita - Memiliki relasi bisnis yang begitu banyak dan baik, tentu akan membuat usaha Anda akan berkembang dengan pesatnya. Namun sayangnya, banyak orang yang kurang mengerti bagaimana cara membangun relasi yang baik karena sudah salah sejak pertama kali bertemu. Menurut Josh Altman, salah seorang miliarder yang mendapatkan predikatnya ketika berusia 26 tahun ini mengatakan relasi yang baik akan membantu usaha berkembang menjadi lebih cepat dan membuat Anda mendapatkan uang yang lebih banyak. Untuk itu, Anda harus mempelajari bagaimana caranya membangun relasi yang baik saat pertama kali bertemu dengan rekan bisnis. Mau tahu apa saja yang Anda lakukan?
Berikut enam hal yang harus Anda kuasai jika ingin memiliki kesan pertama yang baik:
1. Jangan Sombong
Jika bertemu dengan rekan bisnis untuk pertama kalinya, maka tahanlah ego Anda untuk berada pada posisi yang sama. Misal, rekan Anda mengatakan "Saya baru saja membeli mobil sport keluaran terbaru," janganlah menimpalinya. Cukup katakan kekaguman Anda, dengan begitu rencana kerja sama selanjutnya akan berjalan dengan lancar.
2. Dengarkan
Cobalah menjadi pendengar yang baik, karena ini akan menunjukkan kepada rekan jika Anda benar menghormati dirinya. Jangan memotong pembicaraannya, dengarkanlah hingga ia selesai sambil pelajari bagaimana cara terbaik untuk bekerja sama dengannya.
3. Atur Gaya Bicara
Aturlah gaya bicara Anda. Buatlah calon rekan bisnis Anda merasa nyaman dan aman saat berbicara. Bicaralah dengan jelas, dan jangan terlalu berbelit-belit, dan berusahalah untuk mengimbangi rekan bisnis Anda. Jika mereka berbicara dengan nada yang lembut, maka sesuaikanlah. Dengan begini, mereka akan merasa nyaman ketika berbicara dengan Anda.
4. Berpakaianlah yang Sesuai
Cara berpakaian akan menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya. Untuk itu, mulailah perhatikan kembali pakaian yang akan Anda kenakan setiap harinya. Ini juga akan berpotensi untuk menambah rekan bisnis Anda karena melihat penampilan yang begitu meyakinkan.
5. Pujilah Mereka
Meskipun terkesan agak berlebihan, namun ini salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan. Pujilah beberapa prestasi yang sudah rekan kerja Anda raih, ini akan memberi nuansa yang lebih hangat lagi antara dan dia ke depannya.
6. Jangan Lupa Eye Contact
Ini mungkin menjadi saran yang begitu normal dan sudah biasa, tapi dengan melakukan eye contact yang baik ini akan memberi kesan jika Anda benar-benar memperhatikan setiap pembicaraan yang ada.
No comments:
Post a Comment